Objek Wisata Pantai Lovina

KABARLOKA.COM, Agenda Wisata kali ini akan memberikan informasi mengenai Objek Wisata Pantai Lovina. Pantai Lovina  terletak sekitar 9 Km kea rah barat kota Singaraja, tepatnya di Desa Kalibukbuk, Kabupaten Buleleng. pantai ini merupakan salah satu obyek wisata yang ada di Bali Utara. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung kepantai ini. Selain dapat menikmati pemandangan pantainya yang alami, wisatawan juga dapat melihat ikan lumba-lumba liar yang banyak terdapat di pantai ini.   Dengan menyewa perahu,  wisatawan dapat mendekati lumba-lumba sekitar 1 km dari bibir pantai.

Objek Wisata Pantai Lovina
Objek Wisata Pantai Lovina

Pantai Lovina mempunyai pasir hitam yang sangat alami, kawasan ini terkenal dengan atraksi lumba-lumba liar di tengah laut. Untuk dapat menyaksikan lumba-lumba beraksi, kita harus berangkat ketengah laut sebelum matahari terbit, Lumba-lumba ini banyak bermunculan antara jam 6 sampai jam 8 Pagi, selain  itu di Pantai ini wisatawan juga dapat melakukan kegiatan Snorkeling dan diving . Ada beraneka ragam ikan hias di taman laut pantai ini yang pastinya  tidak kalah indahnya dengan taman laut lainnya yang ada di Bali.
Sejarah Pantai Lovina, tentunya tidak bisa lepas dari sosok Anak Agung Panji Tisna. Sekitar 1950-an, Anak Agung Panji Tisna, pernah melakukan perjalanan ke beberapa negara di Eropa dan Asia.  Panji Tisna terinspirasi ketika  melihat suatu tempat yang ditata dengan sedemikian indahnya untuk orang-orang berlibur di pantai. Tanah tersebut memiliki kemiripan dengan tanah miliknya di Pantai Tukad Cebol, Buleleng yang juga terletak di antara dua buah aliran sungai. Inspirasi Panji Tisna muncul untuk membangun sebuah peristirahatan seperti itu.

Menurut Panji Tisna, Lovina memiliki makna filosofis tersendiri , yaitu terdiri dari  campuran dua suku kata "Love" dan "Ina". Kata "Love" dalam  bahasa Inggris berarti kasih yang tulus dan "Ina" dari bahasa Bali yang berarti "ibu". Jadi  menurut penggagasnya Anak Agung Panji Tisna, Makna dari kata "Lovina" adalah "Cinta Ibu" atau arti luhurnya adalah "Cinta Ibu Pertiwi".

http://www.kabarloka.com/2014/09/objek-wisata-pantai-lovina.html
Objek Wisata Pantai Lovina
Pantai Lovina menguasai beberapa deretan pantai yang berada di 2 (dua) wilayah kecamatan bersebelahan. Dari semua pantai tersebut bergabung dalam pemakaian nama Pantai Lovina, yaitu Kecamatan Buleleng dan Kecamatan Banjar. Yang ada di Kecamatan Buleleng, yaitu Pantai Binaria di desa Kalibukbuk (merupakan kawasan resmi Pantai Lovina), Pantai Kubu Gembong di desa Anturan/Tukadmungga, Pantai Banyualit didesa Banyualit,  Panta Hepi di desa Tukadmungga, Pantai Penimbangan di desa Pemaron. Sedangkan pada Kecamatan Banjar, adalah Pantai Tukad Cebol yang berada di Kampung Baru (Kaliasem), pantai Temukus  yang berada di Desa Temukus

Pantai Lovina Sudah didukung dengan fasilitas penunjang pariwisata seperti penginapan / Hotel, kedai makan dan minum dan lain-lainya, dan yang pastinnya menginap di Hotel di sekitaran Pantai ini relatif terjangkau dibandingkan tempat objek wisata pantai di Bali lainnya, seperti di pantai Kuta, Legian maupun Sanur.

Demikian Agenda wisata kali ini mengenai Objek Wisata Pantai Lovina, Semoga dapat dijadikan  pilihan liburan anda jika dating ke Bali.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Objek Wisata Pantai Lovina"

Post a Comment