CARA CEPAT MENGOBATI BELL'S PALSY ( MUKA MENCENG)

KABARLOKA.COM, Pada postingan kali ini Admin akan mengulas tentang Cara Cepat Mengobati Bell's Palsy (muka menceng). Saya akan berbagi pengalaman tentang penyakit yang pernah saya alami, yaitu pada muka sebelah kiri saya terasa kaku dan sulit untuk digerakkan  terutama pada bagia mulut, mata dan alis sebelah kiri. Sempat saya kebingungan dengan penyebab penyakit bell's palsy atau mulut menceng yang pernah saya alami ini, sampai-sampai saya lari keparanormal untuk menanyakan penyebabnya tapi semua itu sia-sia.

Cara cepat mengobati Bell's Palsy

Penyakit bell's palsy (mulut menceng) ini saya alami tepatnya pada bulan januari 2014 yang lalu. Pada awalnya saya belum mengetahui/sadar dengan penyakit yang saya alami. Waktu saya makan lidah dan mulut bagian kiri tidak bisa mengecap rasa makanan serta agak kaku bila di gerakkan dan pada saat saya minim air selalu keluar dari tepi mulut bagia kiri. Saya baru sadar ketuka bercermin muka saya bagian kiri agak menceng atau tidak simetris. Setelah beberapa hari tidak kunjung sembuh lalu saya berobat pada Dokter sp Syaraf menanyakan dan memang benar penyakit yang saya alami adalah bell's palsy/ muka menceng. Bell's palsy merupakan penyakit syaraf pada wajah yang membuat menjadi menceng dan tidak simetris, mata susah untuk menutup, perih saat tertepa angin, alis beserta dahi tidak bisa digerakkan.




Penyebab timbulnya bell's palsy (muka menceng) antaralain :

  1. Terlalu lama terkena angin dingin pada saat berkendara maupun dalam ruangan ber-AC
  2. Terlalu lemahnya sistem syaraf
  3. Mengalami benturan keras sehingga terjadi kerusakan pada syaraf
  4. Terlalu lama didepan monitor, sehingga syaraf pada bagia wajah mengalami kelelahan hebat
  5. Demam yang tinggi
  6. stress pada otot leher 

Cara terhindar dari penyakit Bell's palsy (muka menceng)

  • Hindari wajah secara langsung terkena terpaan angin, kipas, maupun AC terlalu lama
  • Selalu gunakan masker atau pelindung wajah pada saat mengendarai sepeda motor, terutama saat malam hari
  • Hindari tidur dengan wajah menempel pada lantai
  • Cobalah melatih otot wajah, sebisa mungkin di gerak-gerakkan
  • Hindari mandi dengan air dingin pada malam hari, disaat cuaca lagi dingin-dinginnya

Cara mengobati Bell's Palsy atau muka menceng yaitu

Pengalaman saya pada waktu mengobati bell's palsy yaitu pertama saya konsultasikan ke dokter sp Syaraf lalu saya dikasi beberapa obat katanya untuk memperkuat syaraf disuruh Fisioterapi setiap hari sampai sembuh, tapi karena keterbatasan biaya saya hanya sempat fisioterapi sampai 3 kali, setelahnya saya terapi sendiri dirumah dengan tekhnik yang diajari oleh teman yang kebetulan pernah mengalaminya. Berikut terapi pengobatan bell's palsy atau muka menceng yang saya terapkan:
  1. Sediakan botol plastik atau kaca yang permukaannya rata, isi dengan air panas (sesuaikan dengan kemampuan kulit)
  2. Gelindingkan botol yang sudah terisi air panas secara lembut pada permukaan wajah sampai kebagian belakang telingga karena disini letak pusatnya syaraf. Lakukan terapi ini sesering mungkin minimal 3 kali
  3. http://www.kabarloka.com/2014/05/cara-cepat-mengobati-bells-palsy-muka.html
    Cara cepat mengobati Bell's Palsy
  4. Lakukan pemijatan pada bagian wajah. Gunakan minyak zaitun untuk memijat, tekhnik pemijatan bagian wajah dengan tiga jari yaitu telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Jangan asal-asalan dipijat lakukan pemijatan dari dalam keluar pada bagian wajah                                                                                                                                                                                                                             
  5. Selalu latih otot-otot wajah, cara sederhananya dengan mengunyah permen karet
Dengan tekhnik diatas dalam 1 minggu saya sudah dapat menggerak-gerakkan wajah saya yang kaku, dan kurang dari 3 minggu saya sudah sembuh total. Demikian tips dari saya mengenai Cara cepat mengobati Bell's palsy (muka menceng). Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

41 Responses to "CARA CEPAT MENGOBATI BELL'S PALSY ( MUKA MENCENG)"

  1. Waktu terapi pake botol apa yah gan./sis...???

    ReplyDelete
  2. waktu itu saya pakai botol air mineral yang sudah di isi air hangat gan. setelah itu saya pijat dengan minyak zaitun sesuai dengan petunjuk gambar diatas sambil menekan-nekan benjolan pada daerah pipi dan pada telinga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bli..saya baru kena 2hri yg lalu.wajah sebelah kiri.kebetulan saya mau mencoba cara traditional aja.soalnya saya kebetulan di negara oman.jadi belum tau dokter mana yg bisa .itu botol ditempelin ke pipi sebelah kiri ya?
      Mohon masukannya.trimakasih ni bli

      Delete
    2. Bro udh sembuh kh? Sya lg kena udh 3 hari.

      Delete
  3. ini sedikit teknik secara utuh, http://www.masterhipnosis.com/2015/03/cara-mengobati-bells-palsy-secara-cepat.html

    ReplyDelete
  4. maksudnya dari dalam keluar itu gimana mas? dan waktu gelinding botolnya itu semua apa sebelahnya ajja mas ?
    mohon infonya aku penderita BP masih pelajar

    ReplyDelete
  5. Gw, sudah hampir setahun. Kalau dalam kondisi biasa gak gitu keliatan lagi. Tapi kalau ngomong atau ketawa, masih terlihat banget

    ReplyDelete
  6. Gw, sudah hampir setahun. Kalau dalam kondisi biasa gak gitu keliatan lagi. Tapi kalau ngomong atau ketawa, masih terlihat banget

    ReplyDelete
  7. Gw, sudah hampir setahun. Kalau dalam kondisi biasa gak gitu keliatan lagi. Tapi kalau ngomong atau ketawa, masih terlihat banget

    ReplyDelete
  8. Saya penderita bels palsy, Dari 2013, memang sekarang sdh sembuh tapi belum total karena klo tertawa masih blm simetris wajah saya, apa lagi yang harus saya lakukan?, kadang2 wajah saya masih seeing kaku

    ReplyDelete
  9. Saya ibu 2 anak,34 taun, kena bells palsy . Terimakasih tips dan info nya. Saya mengikuti terapi ini . 3 minggu saya sembuh total tanpa akupuntur dan fisioterapi. Terimakasih

    ReplyDelete
  10. Saya jg mengalami bells palsy baru 2 hari, kmrn sdh kedokter syaraf dan lsg fisiotherapy untuk diajarkan cara peminjatannya... Trimksh untuk tips2nya. Sgt membantu sekali. Gbu

    ReplyDelete
  11. alhamdulillah saya sembuh dalam 2 minggu dengan minum milagros... ini testisaya http://agenmilagrosmagelang.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  12. sedikit berbagi ya gan..... 2 minggu lalu saya menderita bells palsy.... awal gejala pas bangun tidur. 2 hari setelahnya wajah sebelah kanan saya benar2 tidak bisa digerakkan dan pas saat berbicara mulut dan wajah mnceng. berawal dari situ ane search n konsultasi ke doker (dokter umum) dan hasilnya saya didiagnosis Bells PAlsy. saya disarankan untuk terapi akupuntur. saya melakkan terapi akupuntur 2 hari sekali selama 4 kali, mengikuti cara diatas juga untuk terapi dirumah pake botol air panas dan minyak zaitun pas bangun tidur, siang, malem dan waktu mau tidur. saya juga konsultasi ke dokter saraf dan diberikan obat untuk 1 minggu ( Metyl Prednisolon,Mecobalamin, Asam Asetilasetat dan Neurobion), alhamdulillan setelah 2 minggu saya sembuh 95% (walaupun belum sembuh total). saat ini sya masih melakukan terapi dgn cara diatas. semoga dalam waktu dekat saya sembuh total. demikian pengalaman saya, semoga membantu.

    ReplyDelete
  13. Dok bells palsy biasanya terkena pada usia 20 ke atas kan dok. Kalo pengobatan bells palsy yg usianya baru 16-17 thn itu gmna dok? Wajah saya msh bengkak sebelah nih tlng masukkannya ya dok

    ReplyDelete
  14. Saya sudah melakukan terapi akupunktur slama 10x perubahan ada tp sedikit bila bicara dan tertawa masih sulit.. semua sudah saya lakukan tp dlm waktu 3minggu ini belum ada perubahan. Apa yg harus di lakukan lagi??..

    ReplyDelete
  15. Suami sya bru kena 2 hri yang lalu yg dkeluhkan nyeri bnget dbelakang telinga"dia ngrsa bengkak area belakang kpalax bru terasa keram2 yg menderita bell palsy apa begitu juga

    ReplyDelete
  16. Sekitar 4 minggu yang lalu saya juga terkena penyakit bells palsy, sebelum terkena, sore hari saya tidur dibawah kipas angin sedangkan cuaca waktu itu hujan, dan malamnya saya naik motor dan tak pakai helm, nah dari situ saya mulai merasakan gejala kaku diwajah. Besoknya semakin parah lalu saya berobat ke dokter spesialis saraf, di situ saya disuntik dan diberikan obat untuk 1minggu dan habis uang 500rb. Selama satu minggu itu belum membaik masih sama, saya juga sudah melakukan terapi yang seperti di atas, setelah satu minggu itu dan belum ada kemajuan, saya coba kembali berobat ke dokter dan minta obatnya untuk di ganti,nah keluar uang lagi 500rb,hehe, dan akhinya mulai membaik sembari melakukan terapi ini, alhamdulilah sekarang 95% sembuh dan sedikit demi sedikit mulai membaik.oh ya umur 21 th

    ReplyDelete
  17. Sekitar 4 minggu yang lalu saya juga terkena penyakit bells palsy, sebelum terkena, sore hari saya tidur dibawah kipas angin sedangkan cuaca waktu itu hujan, dan malamnya saya naik motor dan tak pakai helm, nah dari situ saya mulai merasakan gejala kaku diwajah. Besoknya semakin parah lalu saya berobat ke dokter spesialis saraf, di situ saya disuntik dan diberikan obat untuk 1minggu dan habis uang 500rb. Selama satu minggu itu belum membaik masih sama, saya juga sudah melakukan terapi yang seperti di atas, setelah satu minggu itu dan belum ada kemajuan, saya coba kembali berobat ke dokter dan minta obatnya untuk di ganti,nah keluar uang lagi 500rb,hehe, dan akhinya mulai membaik sembari melakukan terapi ini, alhamdulilah sekarang 95% sembuh dan sedikit demi sedikit mulai membaik.oh ya umur 21 th

    ReplyDelete
  18. Saya dapat gejala mata sulit menutup,mulut sebelah kanan sulit digerakkan,dan lidah seperti mati rasa,apa itu gejala bellspalsy?

    ReplyDelete
  19. Kalau iya,saya sudah merasakan 4hari,lalu apa yg harus saya lakukan?

    ReplyDelete
  20. semoga Allah menyembuhkan penyakit anda

    ReplyDelete
  21. Coba dengan terapi pijat refleksi. Sangat mudah, alami, dan tanpa efek samping. Untuk titik-titik refleksi yang perlu dipijat coba baca tentang Mengobati Sakit pada Wajah dengan Pijat Refleksi
    Saya sangat setuju untuk selalu melatih otot wajah dengan teratur.

    ReplyDelete
  22. Saya kelahiran 1998. Waktu saya kecil kelas tk nol kecil umur sekitar 4th, saya kecelakaan. Saya kejatuhan kayu gawang besar dan menimpa persis kepala saya, stelah itu saya pendarahan hebat. Lalu dibawa ke rs dan katanya dokternya heran saya bisa selamat. Akibat kecelakaan itu syaraf di kepala saya bagian kiri rusak dan jika saya bicara/senyum/ketawa mulut saya menceng ke kanan karna syaraf bagian kiri rusak semua,jika menangis mata sbelah kiri tidak keluar air matanya, dan jika saya mengedipkan mata bibir sbelah kiri terangkat. Apakah itu jg disebut bells palsy, dan apakah bisa syaraf saya disembuhkan agar normal?
    Jujur, gara2 itu saya sangat malu, tidak bisa percaya diri setiap brtemu org lain, apalagi kalau foto. Mohon pencerahannya terima kasih

    ReplyDelete
  23. Saya kena bell's palsy kemarin siang sadarnya setelah di ingat2 sepertinya dari kemarinnya sore pas merasa lidah terasa kebas sebagai awal gejala. Saya mmg abis kedinginan berenang pagi2 di Atlantis Ancol. Saya panik sebelum tahu ini bell's palsy yg bisa sembuh. Skrg saya sedang menghangatkan wajah dan leher dengan lampu thetapy..besok mau ke dokter sp saraf di Mitra kelapa gading.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biayanya berapa mas si mitra kelapa gading?

      Delete
  24. Saya kena bell's palsy kemarin siang sadarnya setelah di ingat2 sepertinya dari kemarinnya sore pas merasa lidah terasa kebas sebagai awal gejala. Saya mmg abis kedinginan berenang pagi2 di Atlantis Ancol. Saya panik sebelum tahu ini bell's palsy yg bisa sembuh. Skrg saya sedang menghangatkan wajah dan leher dengan lampu thetapy..besok mau ke dokter sp saraf di Mitra kelapa gading.

    ReplyDelete
  25. Saya sedang merasakan penyakit ini sekarang...mohon bantuannya

    ReplyDelete
  26. Sy jg pertama gejala nya lidah sebelah tawar ga ada rasanya kalo makan ato minum..mlmnya leher blkng terasa sakit sekali..bsk paginya kumur kumur airnya keluar lg dr mulut kanan benar aja pas ngaca ternyata kok kaku sebelah akhirnya sy ke dr sp syaraf dan di diagnosa bells palsy..kt dokter penyebabnya bs dr karna kecapean dan kurang tidur tubuh jg lg tdk fit dan kedinginan..benar aja pas di ingat2 sy kmrn sempet lg tdk fit flu berat trus naik motor dr kntr k rmh lmyn 1jam kehujanan basah kuyup sepanjang jalan dan bsknya kena ac seharian..berati itu mungkin penyebabnya memang itu..skrg sy lg nunggu terapi karna dr nya menganjurkan therapi 5 hari sesudah ke dr..dan sy jg dsuruh kompres air hangat d dpn telinga dans sekitarnya dan byk2 senam muka walau blm terapi terasa sih skrg udh bisi sedikit senyum walau msh sedikit dan menceng..mdh2an ga sampe 1bln udh sembuh dan normal lg..ga nyangka bgt soalnya bakalan kena penyakit ini mknnya skrg baru sadar kalo kesehatan tuh segalanya..

    ReplyDelete
  27. Sedikit berbagi, saya sudah 3 minggu terkena Bell's Palsy.
    Awalnya, sempat bingung karena kejadiannya memang mendadak,ketika bangun tidur,dan saya mau kumur2, air pada keluar,karena bingung saya langsung ngaca, dan yaa sudah agak aneh. Karena panik, saya langsung ke dokter puskes minta rujukan ke dokter Poli Saraf yang ada di RS.
    Saya di kasih 3 jenis obat, 10 hari kemudian saya langsung di rujuk untuk fisio terapi. Dan sampai sekarang saya masih terapi dan menggunakan cara di atas, air panas/hangat dimasukkan dalam botol dan digelindingkan di muka menuju belakang telinga.
    Alhamdulillah, sekarang sudah ada perubahan.

    Untuk yang terkena penyakit ini, segera ke dokter Poli Saraf. Dan jangan sekali2 diurut2 menggunakan cara tradisional. Ikuti petunjuk dokter dan tetap tawaqal kpada Allah. Insya allah sembuh. FIGHTING!!!!!!

    ReplyDelete
  28. Semenjak saya terkena penyakit bells fasi, saya kurang tidur. Ya Allah sembukanlah penyakitku..

    ReplyDelete
  29. Semenjak saya terkena penyakit bells fasi, saya kurang tidur. Ya Allah sembukanlah penyakitku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ada cara penyelesaiannya boleh whatsapp 0176607841. Inshaallah saya akan cuba bantu.

      Delete
    2. Saya ada cara penyelesaiannya boleh whatsapp 0176607841. Inshaallah saya akan cuba bantu.

      Delete
  30. Assalamualaikum. Anda alami masalah bell pasy. Boleh whatsapp saya 0176607841 som untuk bantu selesaikan masalah anda. Inshaallah.

    ReplyDelete
  31. Assalamualaikum. Anda alami masalah bell pasy. Boleh whatsapp saya 0176607841 som untuk bantu selesaikan masalah anda. Inshaallah.

    ReplyDelete
  32. Saya sarankan kalo ada gangguan otot bagian wajah yg kaku, segera cek ke dokter spesialis syaraf, siapa tau itu bukan bell's palsy tapi kena stroke atau penyakit syaraf lainnya

    ReplyDelete