15 MANFAAT DAN KHASIAT DAUN SAMBILOTO BAGI KESEHATAN


KABARLOKA.COM, Pada postingan sebelumnya Admin telah mengulas sedikit tentang manfaat dan khasiat buah mahkota dewa bagi kesehatan, dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips dan informasi mengenai 15 manfaat dan khasiat daun sambiloto bagi kesehatan.

Daun sambiloto (andragraphis paniculata) merupakan tumbuhan yang tumbuh di daerah tropis dan merupakan salah satu tumbuhan herbal yang terbukti manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan. daun sambiloto mengandung Zat atau senyawa andrographolide. Para peneliti membuktikan bahwa senyawa ini dapat melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol. senyawa ini juga dapat menurunkan enzim CDK4 (Cyclin dependent kinase 4) sehingga sel kanker dapat ditekan pertumbuhannya. selain itu senyawa ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Didalam daun sambiloto juga terkandung Laktone (zat terasa pahit), Flavonoid, Keton, Alkane, Aldehid, Kalium,, Natrium, Kalsium, Damar, dan asam Kersik. Karena memiliki banyak zat yang bermanfaat bagi kesehatan dan telah dibuktikan oleh leluhur kita manfaat dan khasiatnya secara turun-temurun, maka banyak pakar kesehatan memilih daun ini untik diekstrak menjadi obat-obatan herbal.

http://www.kabarloka.com/2014/06/15-manfaat-dan-khasiat-daun-sambiloto.html
Manfaat dan khasiat daun sambiloto

Manfaat daun sambiloto bagi kesehatan

Daun sambiloto telah dikenal masyarakat sebagai salah satu obat herbal yang mampu mengatasi berbagai macam penyakit, baik penyakit ringan maupun penyakit berat. Adapun penyakit yang bisa diobati dengan daun sambiloto,  15 manfaat dan khasiat daun sambiloto bagi kesehatan antaralain:
  1. Mengobati penyakit kanker dan tumor
  2. Mengobati penyakit diabetes (kencing manis)
  3. Mengobati wasir atau ambeien
  4. Menurunkan kadar gula darah
  5. Mengobati Hipertensi
  6. Mengobati penyakit TBC
  7. Mengobati infeksi saluran empedu
  8. Mengobati radang saluran pernafasan (Bronkhitis)
  9. Mengobati radang telinga tengah (OMA)
  10. Mengobati penyakit kusta (morbus hansen atau lepra)
  11. Merngobati keracunan dari makanan laut, jamur, singkong, tempe bongrek
  12. Mengobati demam
  13. Mengobati sakit gigi
  14. Mengobati penyakit malaria
  15. Mengobati Radang tenggorokan, radang usus buntu, dan masih banyak penyakit lainnya yang dapat diobati dengan daun sambiloto

Cara menggunakan daun sambiloto sebagai obat herbal

  • Mengobati diabetes (kencing manis), Ambil daun sambiloto segar sebanyak 1 genggam di cuci dengan bersih lalu direbus dengan 5 gelas air bersih sampai tersisa 3 gelas, kemudian saring dan dinginkan diminum 3 kali sehari masing-masing 1 gelas sehabis makan. Lakukan secara teratur.
  • Mengobati wasir atau ambeien, Gunakan 5 gram bubuk daun sambiloto kering dicampur dengan 3 gram akar terung ungu kering yang sudah ditumbuk halus dan jus lidah buaya secukupnya lalu diaduk hingga rata, gunakan dengan cara mengolesi bagian wasir.
  • Mengobati demam dan influenza, Gunakan bubuk daun sambiloto kering 1 gram diseduh dengan segelas air panas, aduk dan dinginkan lalu diminim, 
  • Mengobati batuk rejan (pertusis), Ambil daun sambiloto segar sebanyak 6-7 lembar, diseduh dengan secangkir air panas, bisa ditambah madu secukupnya sambildiaduk dinginkan dan minum sekaligus. Lakukan secara teratur 3 kali sehari
  • Mengobati tumor dan kanker. Ambil sambiloto kering 3 gram, 5 iris buah mahkota dewa yang sudah kering, 3 gram akar ayam kering, rebus semua bahan dengan 5 gelas air bersih hingga tersisa 3 gelas, saring dan dinginkan, minum secara teratur 3 kali sehari masing-masing 1 gelas
  • Mengobati Hipertensi (darah tinggi), Ambil 5-7 lebar daun sambiloto yang masih segar cuci dengan bersih, potong kecil-kecil kemudian seduh dengan air panas aduk dan diamkan beberapa menit, ditambahkan madu secukupnya, minum 3 kali sehari secara teratur.
Dan masih banyak penyakit lainnya yang dapat diobati dengan ramuan herbal dari daun sambiloto, akan tetapi tidak dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui untuk mengkonsumsi ramuan ini. Demikia artikel ini mengenai 15 Manfaat dan khasiat daun sambiloto bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "15 MANFAAT DAN KHASIAT DAUN SAMBILOTO BAGI KESEHATAN"