Kenari Malas Berkicau, Penyebab Dan Cara Mengatasinya

KABARLOKA.COM.  Kenari malas berkicau, penyebab dan cara mengatasinya. Sobat aneka kicauan pernahkah burung kenari kesayangan anda yang dulunya gacor sekarang macet dan malas berkicau? Banyak para pecinta burung kicauan khususnya kenari sering bingung dengan kasus seperti ini, untuk mengatasinya terlebih dahulu kita harus pahami betul penyebab burung kenari hingga bisa macet atau malas bunyi, berikut beberapa factor yang mungkin dapat membuat burung stress dan menurunkan kondisi kesehatan burungnya:

Faktor Penyebab Kenari Malas Berkicau


http://www.kabarloka.com/2014/11/kenari-malas-berkicau-penyebab-dan-cara.html
Kenari malas berkicau, penyebab dan cara mengatasinya



  • Kenari ditempatkan pada Lingkungan yang terlalu ramai dan bising. Karena situasi yang seperti ini sangat memicu burung kenari mengalami stress. Misalnya ditempatkan di pinggir jalan raya, dekat bengkel yang selalu bising, dekat dengan area konstruksi dan pembangunan.
  • Pada malam hari burung tidak pernah di kerodong, hal ini berdampak pada kondisi kesehatan yang dapat menurun. Pada malam hari banyak nyamuk yang dapat mengganggu waktu istirahat dan angin malam yang menerpa burung kenari secara langsung mengakibatkan kenari masuk angin serta bila terlalu lama dalam kondisi seperti ini, burung akan mengalami sakit hingga kematian.
  • Burung kenari juga dapat stress karena ditempatkan berdekatan dengan hewan lain, seperti kucing, anjing, tikus, dan yang lainnya, kenari akan merasa terancam dan terganggu kenyamanannya.
  • Suhu dan cuaca yang ekstrim, terlalu panas atau terlalu dingin. Situasi yang seperti ini juga dapat menurunkan kondisi burung sehingga tidak lincah dan malas atau macet berkicau.
  • Kenari terinfeksi tungau (air sac mites) pada bagian tenggorokannya
  • Kenari terjangkit penyakit gondok 
  • Kenari terjangkit penyakit psittacosis yang  dapat menyebabkan suaranya menjadi serak atau hilang. Gejalanya yaitu, burung yang menderita penyakit ini akan mengalami  mencret, lemah, bulu kusut, nafsu makan menurun, dan pada mata atau hidungnya berair. 
  • Burung yang kekurangan nutrisi juga dapat menjadi factor penyebab burung jadi malas bunyi.
  • Burung Kenari jantan dalam kondisi terlalu birahi dan biasanya  kenari akan sangat hiperaktif, tidak terkendali serta sering menabrak-nabrak sangkar, pada taraf tertentu burung kenari akan lebih cepat mengalami stress. 
  • Burung kenari terlalu kegemukan. Kenari yang terlalu kegemukan cenderung tidak banyak melakukan aktivitas atau malas, termasuk bergerak dan berkicau,  yang pada akhirnya  menyebabkan malas berkicau atau macet bunyi.


Baiklah sobat aneka kicauan, untuk mengatasi burung kenari malas berkicau atau macet bunyi, berikut saya akan berikan beberapa informasi untuk mengatasi permasalahan tersebut,

http://www.kabarloka.com
Kenari malas berkicau, penyebab dan cara mengatasinya

Cara mengatasi burung kenari malas berkicau atau macet bunyi dari beberapa factor penyebab di atas:


  • Tempatkan burung kenari pada area yang tenang dan nyaman bebas dari suara bising .
  • Pada Malam hari biasakan untuk mengkrodong burung kenari supaya terhindar dari gigitan nyamuk dan angin malam.
  • Jauhkan burung kenari dari hewan lainnya  seperti kucing, anjing, tikus dan lainnya
  • Tempatkan burung pada kondisi yang tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin serta hindari terpaan angin kencang secara lansung pada burung.
  • Memberikan vitamin dan antibiotik guna mencegah burung kenari terkena serangan penyakit.
  • Mengatasi kenari terinfeksi tungau (air sac mites)  yaitu dengan pembasmi tungau kantung udara dengan Birdfresh ini merupakan salah satu produk yang bisa digunakan, cukup dengan mengoleskannya ke bagian tengkuk kiri dan kanan pada burung kenari yang terinfeksi tungau air sac mites. Untuk menghindari infeksi ini semakin bertambah, selama pengobatan hindari burung terkena paparan langsung sinar matahari.
  • Untuk mengatasi suara serak pada burung kenari caranya, dengan berikan pucuk daun mengkudu muda sebagai terapi perawatan
  • Selalu bersihkan kandang setiap hari guna mencegah bakteri, jamur atau tungau yang dapat menurunkan kondisi burung.
  • Burung kenari jantan yang terlalu birahi sebaiknya dikawinkan, atau diterapi dengan memberikan buah mentimun dan kurangi waktu penjemuran.
  • Untuk mengatasi kegemukan pada kenari, sobat aneka kicaun bisa melakukan terapi dengan cara menghentikan sementara pakan bijian maupun telur puyuh rebus. Selama perawatan, burung cukup diberi sayur dan buah-buahan secara bervariasi. Atau dengan solusi lainnya, pakan bijian tetap diberikan akan tetapi dalam jumlah yang terbatas (diet), Sementara jangan diberikan telur puyuh rebus.

Oke sobat aneka kicauan demikian tips dan informasi dari saya mengenai Kenari Malas Berkicau, Penyebab dan Cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke blog ini, simak juga tips dan informasi seputar dunia kicauan lainnya di blog ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenari Malas Berkicau, Penyebab Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment