BERWISATA KE PURA TANAH LOT TABANAN BALI

KABARLOKA.COM, Pada postingan kali ini saya akan mengulas sedikit  tentang berwisata ke Pura Tanah Lot Tabanan, Bali. Pulau bali mempunyai banyak terpat wisata tang terkenal hingga ke mancanegara, salah satunya ialah Pura tanah Lot. Pura Tanah Lot merupakan bagian dari Pura Dang Kahyangan dan sebagai tenpat memuja Dewa-Dewa laut. Di tempat ini ada dua buah pura yang terletak diatas batu besar, satu terletak di atas bongkahan batu dan yang satunya terletak diatas tebing yang mirip dengan Pura Uluwatu.
http://www.kabarloka.com/2014/06/berwisata-ke-pura-tanah-lot-tabanan-bali.html
Pura Tanah Lot
http://www.kabarloka.com/2014/06/berwisata-ke-pura-tanah-lot-tabanan-bali.html
Pura Tanah Lot

Pura Tanah Lot terletak di Desa Beraban Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan. Dari Kota Tabanan Jarajnya sekitar 13 km ke arah barat. Di sebelah Utara dari pura ini terdapat sebuah pura yang terletak diatas tebing yang menjorok kelaut. Tebing ini berbentik seperti jembatan yang menghubungkan pura dengan daratan. Pura tanah Lot terkenal keindahannya sebagai tempat untuk menikmati matahari terbenam. Wisatawan biasanya ramai pada sore hari untuk dapat menikmati keindahan Sunset disini.

Sejarah Pura Tanah Lot


Menurut sejarahnya Pura tanah Lot dibangun oleh seorang Brahmana yang datang dari tanah jawa, beliau adalah Dang Hyang Nirartha. Beliau berhasil menguatkan kepercayaan penduduk bali akan ajaran hindu dan membangun Pura Sad Kahyangan tersebut pada abad ke 16. Pada saat itu penguasa Tanah Lot, Bendesa Beraben iri terhadap beliau karena para pengikutnya mulai meninggalkannya dan mengikuti Dang Hyang Nirartha. Penguasa Tanah Lot yaitu bendesa Beraben menyuruh Dang Hyang Nirartha untuk meninggalkan Tanah Lot. Beliau menyanggupi dan sebelum meninggalkan Tanah Lot Beliau dengan kekuatannya memindahkan bongkahan batu ke tengah pantai dan membangun pura di sana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini sampai sekarang masih ada dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut dengan ciri-ciri berekor pipih seperti ikan dan berwarna hitam berbelang kuning serta memiliki racun yang 3 kali lebih kuat dari ular cobra. Dan pada akhirnya Bendesa Beraben menjadi pengikut dari Dang Hyang Nirartha.

Demikian sekilas artikel ini mengenai berwisata ke Pura Tanah Lot Tabanan, Bali. Semoga bermanfaat dan sebagai pilihan jika anda ingin berwisata ke pulau Bali.





Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "BERWISATA KE PURA TANAH LOT TABANAN BALI"

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai "BERWISATA KE PURA TANAH LOT TABANAN BALI".
    Indonesia memang mempunyai berbagai tempat wisata yang menarik

    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Pariwisata

    ReplyDelete