6 TIPS CARA MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN PADA BURUNG KENARI

KABARLOKA.COMBurung kenari merupakan salah satu burung yang sangat digemari banyak orang untuk saat ini karena burung ini memiliki suara yang merdu, bentuk yang mungil dan memiliki beraneka ragam warna.Dengan keindahan suara bentuk dan warnanya banyak orang yang ingin membudidayakannya, tetapi sedikit orang yang tahu cara membedakan jenis kelamin jantan dan betina pada kenari namun, hampir semua orang yang beternak kenari pasti tau kenari jantan lebih berkualitas dalam segi suara dari pada kenari betina.

Disini saya akan membagikan beberapa tips 6 tips cara membedakan kenari jantan dan betina pada burung kenari yaitu:

http://www.kabarloka.com/2014/04/6-tips-cara-membedakan-jenis-kelamin.htmlhttp://www.kabarloka.com/2014/04/6-tips-cara-membedakan-jenis-kelamin.html
  1. Membedakan jantan dan betina pada kenari sudah dapat dilihat pada burung berusia 3 hari atau lebih, perbedaanya adalah, pada kenari jantan pembuluh vena di bagian sebelah perut turun menuju dubur, sedangkan kenari betina pembuluh vena tidak tampak. Sebaiknya cara ini dilakukan sebelum kenariini tumbuh bulu.
  2. Cara yang kedua untuk membedakan kenari jantan dan betina yaitu, dengan melihat bentuk kepala kenari sebelum tumbuh bulu. Yang jantan akan tampak lebih datar dan pipih sedangkan yang betina lebih bulat
  3. Pada saat memasuki usia kurang lebih 7 hari, anakan kenari akan memulai membuka mata. Pada kenari betina letak mata tidak sejajar atau berada di atas paruh, hal ini yang membuat kenari betina kelihatan kepalanya lebih tampak bundar, sedang kan yang jantan matanya tersebut sejajar dengan paruhnya.                                                                                                                                       
  4. Pada anakan kenari kita bisa membedakan jantan dan betina dengan cara mengukur lompatannya, yaitu taruhlah kenari-kenari tersebut pada handuk lalu posisikan dengan sejajar seperti akan siap balapan, kemudian amati lompatan yang paling jauh dan yang paling pendek, karena jenis kenari jantanlah ynag mampu melompat lebih jauh dibanding kenari betina
  5. Bila dalam satu tangkringan biasanya kenari jantan kelihatan lebih tinggi di banding yang betinanya       
  6. Pada kenari yang sudah berumur 6 bulan keatas, akan bisa di ketahui melalui ven atau duburnya, yang jantan akan lebih menonjol sedangkan yang betina datar dan agak lebar.
Demikian beberapa tips mengenai cara membedakan jenis kelamin jantan dan betina pada kenari, hal di atas sangat perlu diketahui sebagai dasar untuk beternak kenari, sekian semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 TIPS CARA MEMBEDAKAN JENIS KELAMIN PADA BURUNG KENARI"

Post a Comment