5 Tips Cara Merawat Burung Kenari Saat Mabung

KABARLOKA.COM, Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai 5 Tips Cara Merawat Burung Kenari Saat Mabung. Para penghobi burung kicauan khususnya burung kenari pasti tidak asing lagi dengan yang namanya mabung/molting atau rontok bulu. Setiap burung tidak hanya pada kenari, suatu saat pasti akan mengalami siklus yang di sebut molting/mabung ada juga yang menyebutnya dengan istilah ngurat, mbrondol dan lain sebagainya. Oke sobat aneka kicauan, apakah burung kenari anda dirumah mengalami siklus mabung?  taukah anda bagaimana cara merawat kenari saat mabung? Terus bagaimana cara mempercepat proses mabung pada burung kenari? Berikut saya sajikan beberapa informasi mudah-mudahan bermanfaat bagi sobat hobi kicauan.

http://www.kabarloka.com/2014/11/5-tips-cara-merawat-burung-kenari-saat.html

Cara merawat burung kenari saat mabung


Mabung pada burung khususnya pada kenari menandakan bahwa usia kenari makin bertambah dewasa. Ciri-ciri kenari saat mabung yaitu  bulu kenari rontok, dimulai dari bulu-bulu kecil, bulu sayap, ekor dan dapat menyebar ke seluruh tubuh dengan diakhiri pada bulu leher dan kepala. Proses mabung ini menghabiskan waktu kurang lebih 4-8 minggu. Siklus ini memanglah memakan waktu yang  terbilang cukup lama hingga menanti tumbuhnya bulu baru. Ciri berikutnya adalah kenari yang dulunya gacor menjadi malas bunyi dan terkesan menjadi pendiam. Banyak para master burung kicauan menggunakan kesempatan ini untuk memastering lagi dengan lagu yang lebih baik agar mendapat hasil kicauan yang lebih berkualitas. Dimana pada saat mabung ini kenari akan me reset suara masteringnya kembali ke kicauan aslinya.

Beberapa factor juga mempengaruhi saat burung kenari mabung yaitu, factor hormon (birahi) yang tidak stabil, factor alam( cuaca dan suhu lingkungan) yang biasanya proses mabung ini terjadi serempak pada beberapa kenari.



Cara Merawat Burung Kenari Saat Mabung

Merawat burung kenari dalam masa proses mabung sebenarnya tidaklah begitu sulit, yang harus kita lakukan ialah memahami apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Karena ada beberapa kasus yang menunjukkan bila perawatan tidak benar maka proses mabung pada burung tidak akan berjalan sempurna yaitu berdampak pada tumbuhnya bulu yang tidak rata, karena bulu lama tidak rontok pada saat mabung. Nah, bagi sobat Aneka Kicauan yang ingin tahu cara merawat/menangani kenari saat mabung dengan baik dan benar sehingga proses mabung berjalan dengan sempurna berikut 5 tipsnya:


  1. Perawatan pertama pada kenari sedang molting(mabung) yaitu meletakkan sangkar pada tempat yang tenang yang terhindar dari gangguan, dapat dilakukan dengan cara meng-kerodong full supaya suhu dalam sangkar stabil dan kenari bisa menyelesaikan proses mabung dengan sempurna.
  2. Memberikan pakan yang bergizi pada kenari merupakan hal  terpenting untuk kelancaran dan mempercepat proses mabung serta pergantian bulu baru. Tahukan sahabat aneka kicauan bahwa kenari dalam proses mabung membutukan energy dan asupan nutrisi yang lebih banyak ketimbang kenari yang sedang bertelur, yaitu sekitar 2 kali lipat. Oleh karenanya kita harus cukupi nutrisi yang sangat dibutuhkan kenari pada saat mabung antara lain: protein, kalsium, mineral serta yodium. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut sobat bisa berikan pakan tambahan seperti: telur rebus, sayuran segar dan buah, bee pollen, grit atau tulang sotong yang mengandung banyak mineral dan kalsium serta yodium, biji-bijian kecambah seperti touge, serta pemberian multivitamin yang dicampur dalam air minum. 
  3. Jangan terlalu sering mandikan kenari yang mabung, cukup seminggu sekali atau sesuai sesuai kebutuhan. 
  4. Menjemur kenari setiap pagi hari kurang lebih selama 30 menit, ingat sobat jangan terlalu lama menjemur karena kenari juga membutuhkan kondisi yang lembab untuk proses mabung yang maksimal. Untuk itu kita dapat menambah kelembaban dengan cara penyemprotan pada sangkar.
  5. Terakhir, ingat sobat sekali lagi karena pada tahap molting kenari akan me-reset suaranya kembali ke suara aslinya, jadi manfaatkan momen proses mabung ini dengan melatih suara kenari agar lebih baik lagi dengan memperdengarkan suara masteran melalui kaset, mp3 atau burung masteran.


Oke sobat aneka kicauan demikian 5 tips cara merawat burung kenari saat mabung, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi sobat-sobat sekalian dan terimakasih telah berkunjung ke blog ini, serta simak terus aneka kicauan untuk memdapatkan informasi seputar hobi burung dan perawatannya

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Cara Merawat Burung Kenari Saat Mabung"

Post a Comment