7 Tanda Seseorang Berbohong Kepada Kita

KABARLOKA.COM.Siapa yang tidak Kesal bila kita dibohongi, didalam agama pasti diajarkan kejujuran dalam segala hal,  saya heran jaman sekarang semakin banyak saja orang yang suka berbohong. Mungkin saja mereka sudah lupa kalau berbohong itu dosa dan sebuah tindakan yang tidak terpuji. Karena itulah  gue terdorong untuk mempelajari bagaimana cara mengenali orang yang sedang berbohong.

http://www.kabarloka.com/2016/07/7-tanda-seseorang-berbohong-kepada-kita.html
7 Tanda Seseorang Berbohong Kepada Kita

Jadi setelah saya browsing kesana-kemari dan baca artikel-artikel tentang psikologis orang yang berbohong dan mengamatinya secara langsung, saya menemukan beberapa kesimpulan tentang tanda atau ciri orang sedang berbohong. Trus.. Bagaimana Mengetahui  Tanda Seseorang Sedang Berbohong? Sebelum dibohongi, hendaknya kita cermat mendeteksi kapan seseorang berkata jujur atau sedang berbohong.  Kita hanya perlu mengamati dari gerak gerik secara spontan dan refleks alias gak disadari oleh lawan bicara dan kebiasaan yang mungkin berubah darinya. Oke, langsung saja berikut 7 Tanda Seseorang Berbohong Kepada Kita :

1. Amati Matanya

Orang mengatakan mata merupakan denjela hati . Jika seseorang sedang berbohong kepada anda tanpa disadari dia tidak akan mampu menatap mata lawan bicaranya.  Disini perlu diamati walaupun dia berusaha melakukan kontak mata secara spontan dia akan dia akan sering mengalihkan perhatiannya pada objek lain. Ini dikarenakan dia sedang berpikir untuk mencari alasan untuk menutupi kebohonganny, biasanya untuk menghindari kontak mata, dia akan sering menggaruk/menggosok matanya. Kita juga bisa membaca gerak-gerik matanya seperti  melihat ke kiri atas, tandanya mengingat-ingat pengalaman terkait dengan pertanyaan anda. Jika mata melihat ke kanan atas, itu tandanya dia akan sedikit mengarang karena belum siap dengan jawabanya. Mata melihat ke kiri bawah, maka dia sedang mengambil fakta dari masa lalunya (jujur). Sedangkan apabila mata melihat ke kanan bawah, terhubung dengan perasaan seseorang, bukan sebuah rekayasa. 

2. Lihat Dari Mimik Wajahnya

Coba kalian perhatikan baik-baik wajah seseorang ketika kita ajak berbicara. Seseorang yang berbohong, cenderung memiliki jeda waktu antara apa yang dibicarakan dengan ekspresi wajahnya,sebagai contoh:

    Saya: "Gua mau ngasih Bunga ini buat kamu, semoga kamu suka ya"
    Kamu: "Iya, makasih"  (beberapa detik kemudian baru tersenyum )

Bisa diambil kesimpulan Dari contoh di atas, saya bisa tau kalau Si Cewek tidak tertarik sama gue :'( . Kenapa bisa begitu? Itu karena kejujuran bersifat refleks (spontan), sedangkan kebohongan bersifat terencana. Dalam kasus ini ekspresi wajah ketika seseorang ketika berbohong seringkali muncul dengan wajah nyaris tanpa ekspresi. Dalam kasus lain seseorang yang berbohong bias diamati mimik wajah apakah pipinya merona, lubang hidung melebar, kebiasaan tiba-tiba menggigit bibir, bekedip cepat hingga menarik nafas yang dalam ketika berbicara. Kalau dia melakukan hal-hal tersebut biasanya itu tanda bahwa dia sedang mengatakan kebohongan kepada kamu.


3. Perhatikan Gerakan Tubuhnya

Orang yang berbohong secara refleks bagian tubuhnya akan bergerak seperti:

Gerakan Badan
Ketika lawan bicara berbohong, secara reflek bahu akan terangkat serta siku masuk ke tubuh bagian dalam. Biasanya secara tidak sengaja tubuh akan menjauhi lawan bicara ketika sedang berbohong, 

Gerakan Tangan
Orang yang berbohong gerakan tangannya akan tidak beraturan dan gak bisa diam. Seseorang yang sering menyentuh hidung, leher, mulut, menggaruk mata, menggaruk dibelakang telinga atau memainkan barang di dekatnya saat berbicara memiliki kemungkinan besar kalau dia berbohong. Ciri lain ditunjukkan dengan tangan yang menyilang. Perhatikan juga tangannya, Jika dia meremas kedua tangannya waktu berbicara sama kita atau mengelus wajah itu berarti bahwa dia sedang cemas atau sedang menutupi cerita yang sebenarnya.

 Gerakan Kaki
Ketika seseorang sedang berdiri, perhatika kakinya. Apabila kakinya mulai bergerak-gerak seperti mengetuk ke tanah dsb, kemungkinan besar dia berbohong. amati juga kakinya. Jika kakinya terlihat sering bergerak, mungkin dia tegang dan ingin segera mengakhiri topik yang sedang dia bicarakan. 


4. Lihat Cara Dia Tersenyum

 Perhatikan dengan seksama  dia tersenyum ketika kalian membicarakan topik tertentu. Misalnya, awasi gerakan mulut dan mata ketika si dia tersenyum. Jika dia tersenyum lepas yang melibatkan seluruh organ wajah itu berarti dia jujur. sedangkan kalau dia tersenyum menyeringai (seolah terpaksa) itu tanda bahwa dia sedang berbohong.   Para pembohong biasanya akan tersenyum cukup sering dan tiba-tiba, yang sebetulnya tidak pada tempatnya dia harus tersenyum 

5. Gugup atau gelisah

Ketika Seseorang sedang berbohong pasti ada rasa kegugupan pada dirinya. Amati saja dirinya dan ihat kedua matanya, sehingga ia akan kehilangan kontrol fisik dan menunjukkan kegelisahan. Ini akan ditandai dengan keringat yang mengucur di kepala sampai telapak tangan, Gerakan tubuh dengan maju-mundur, baik dalam posisi duduk maupun berdiri.

6. Perhatikan Kata- Kata maupun  Alasannya

Ketika mengutarakan sesuatu orang yang berbohong biasanya akan mengarang banyak cerita. Biasanya Dia juga kerap memanjangkan cerita yang sebenarnya ringkas. Seseorang yang berbohong cenderung memakai kata-kata seperti “tapi”, “kecuali”, “sedangkan” karena proses berpikir yang rumit ketika berbohong. Dan juga biasanya mereka suka melakukan pengulangan. Si dia juga akan sering memakai kata “aku”, “punyaku”. Di dalam cerita yang dilontarkan oleh pembohong, kamu juga akan menemukan sedikit kata ganti pribadi.

7. Perhatikan nada atau irama saat berbicara

 Ketika seseorang yang berbohong berbicara mereka akan mengubah beberapa nada dan irama kata-kata mereka. Mereka mungkin akan mulai berkata dengan lebih cepat atau lebih lambat, dan dengan nada yang lebih tinggi atau lebih rendah. Kadang kalimat yang mereka gunakan menjadi terlalu rumit seiring kerja otak mereka kelelahan saat berusaha menyamakan dengan kebohongan yang sedang disusun.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tanda Seseorang Berbohong Kepada Kita"

Post a Comment